8 Fakta Menarik Tentang Kayu Balsa
Kayu balsa merupakan bahan yang ideal untuk membuat model pesawat terbang. Kayu Balsa yang ringan, kuat, terjangkau, mudah dibentuk dan mudah didapatkan. Kayu balsa telah menjadi bahan dasar konstruksi untuk pesawat model sejak 1930-an dan tetap dipakai sampai dengan hari ini. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang bahan bangunan yang luar biasa ini.
Kayu balsa merupakan bahan yang ideal untuk membuat model pesawat terbang. Kayu Balsa yang ringan, kuat, terjangkau, mudah dibentuk dan mudah didapatkan. Kayu balsa telah menjadi bahan dasar konstruksi untuk pesawat model sejak 1930-an dan tetap dipakai sampai dengan hari ini. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang bahan bangunan yang luar biasa ini.
Untuk pesawat apapun, mulai dari dunia nyata Boeing 747 sampai dengan untuk pesawat model radio kontrol mikro dalam ruangan, faktor penting yang merupakan keberhasilan bagi penerbangan adalah berat pesawat rendah (ringan). Semakin sedikit beratnya pesawat semakin baik performansi atau kinerja penerbangan.
Setelah tujuan berat badan pesawat yang rendah (ringan) dipahami, maka mudah untuk memahami mengapa kayu balsa populer untuk suatu bahan bangunan pesawat model . Kayu balsa mempunyai masa yang ringan, mudah didapat (tersedia) dan memiliki kekuatan sangat tinggi terhadap rasio beratnya. Balsa dapat dipotong, diampelas dan dibentuk dengan alat-alat tangan (standard) sehari-hari. Kayu Balsa menyerap guncangan dan getaran dengan baik, dan menerima berbagai macam lem dan cat.
Bahkan pesawat tempur skala penuh seperti de Havilland Mosquito dalam Perang Dunia II kayu balsa disertakan dalam pembuatan mereka, untuk menghemat sumber daya logam yang langka. Hal ini sedikit mengherankan bahwa begitu banyak jenis pesawat model yang menggunakan kayu balsa sebagai bahan konstruksi utama mereka.
Berikut ini adalah delapan fakta menarik mengenai kayu balsa:
Balsa Fakta 1: pohon Balsa adalah tanaman asli Amerika Tengah dan Selatan. Ekuador memproduksi lebih dari 95 persen dari pasokan dunia dari kayu balsa komersial. Sedikit lebih dari setengah produksi balsa Ekuador berasal dari perkebunan sampai dengan 1.000 pohon per hektar, dibandingkan dengan sekitar 2 sampai 3 pohon di daerah yang sama di alam.
Balsa Fakta 2: pohon Balsa tumbuh pesat, dalam kurun waktu sepuluh tahun ketinggian bisa mencapai hingga 30 meter (90 ft) dan diameter 12 sampai 45 inci (30 cm sampai 100cm). Kecepatan pertumbuhan adalah alasan utama dari kayu. ringan
Balsa Fakta 3: Rahasia kayu balsa ringan memiliki hubungannya dengan struktur selular. Hanya sekitar 40 persen dari balsa adalah bahan padat. Bagian internal yang tersisa adalah air.
Balsa Fakta 4: kayu Balsa yang dipanen dari alam mengandung lima kali lebih banyak air berat jika dibandingkan dengan material kayu yang sebenarnya. Kebanyakan kayu keras mengandung bagian-bagian yang sangat kecil dari air sebagai bagian dari riasan mereka. Kayu balsa hijau mengalami proses pengeringan di tempat pengeringan selama dua minggu untuk menurunkan kadar air berlebih ini menjadi sekitar 6 persen.
Balsa Fakta 5: bobot kayu balsa jadi dapat bervariasi untuk berbagai alasan. Ini termasuk usia dan ukuran pohon, lokasi batang dipotong dan tempat proses pengeringan. Kayu balsa komersial yang digunakan untuk model konstruksi pesawat biasanya beratnya antara 6 dan 18 pound per kaki kubik. Bobot yang paling umum tersedia adalah antara 8 sampai 12 pon per kaki kubik. Enam pound atau kurang dianggap kayu kelas kontes
Balsa Fakta 6: kayu Balsa bukan kayu yang paling ringan di dunia. Ada tiga sampai empat varietas kayu yang beratnya kurang daripada kayu balsa. Namun, setiap kayu yang lebih ringan daripada kayu balsa ini sangat lemah dan benar-benar tidak cocok untuk konstruksi model pesawat.
Balsa Fakta 7: Karena berbagai kepadatan kayu balsa dapat bervariasi begitu banyak, pemodel harus menentukan jenis kayu balsa yang diinginkan. Gunakan kelas paling ringan mungkin untuk bagian dari model Anda yang tidak menanggung berat atau membutuhkan kekuatan, seperti cowls hidung, pengisi dan bentuk ujung sayap. Pilih potongan dari kayu yang lebih berat untuk daerah yang membutuhkan kekuatan seperti spar sayap, pembentuk badan pesawat dan stringer.
Bahkan pesawat tempur skala penuh seperti de Havilland Mosquito dalam Perang Dunia II kayu balsa disertakan dalam pembuatan mereka, untuk menghemat sumber daya logam yang langka. Hal ini sedikit mengherankan bahwa begitu banyak jenis pesawat model yang menggunakan kayu balsa sebagai bahan konstruksi utama mereka.
Berikut ini adalah delapan fakta menarik mengenai kayu balsa:
Balsa Fakta 1: pohon Balsa adalah tanaman asli Amerika Tengah dan Selatan. Ekuador memproduksi lebih dari 95 persen dari pasokan dunia dari kayu balsa komersial. Sedikit lebih dari setengah produksi balsa Ekuador berasal dari perkebunan sampai dengan 1.000 pohon per hektar, dibandingkan dengan sekitar 2 sampai 3 pohon di daerah yang sama di alam.
Balsa Fakta 2: pohon Balsa tumbuh pesat, dalam kurun waktu sepuluh tahun ketinggian bisa mencapai hingga 30 meter (90 ft) dan diameter 12 sampai 45 inci (30 cm sampai 100cm). Kecepatan pertumbuhan adalah alasan utama dari kayu. ringan
Balsa Fakta 3: Rahasia kayu balsa ringan memiliki hubungannya dengan struktur selular. Hanya sekitar 40 persen dari balsa adalah bahan padat. Bagian internal yang tersisa adalah air.
Balsa Fakta 4: kayu Balsa yang dipanen dari alam mengandung lima kali lebih banyak air berat jika dibandingkan dengan material kayu yang sebenarnya. Kebanyakan kayu keras mengandung bagian-bagian yang sangat kecil dari air sebagai bagian dari riasan mereka. Kayu balsa hijau mengalami proses pengeringan di tempat pengeringan selama dua minggu untuk menurunkan kadar air berlebih ini menjadi sekitar 6 persen.
Balsa Fakta 5: bobot kayu balsa jadi dapat bervariasi untuk berbagai alasan. Ini termasuk usia dan ukuran pohon, lokasi batang dipotong dan tempat proses pengeringan. Kayu balsa komersial yang digunakan untuk model konstruksi pesawat biasanya beratnya antara 6 dan 18 pound per kaki kubik. Bobot yang paling umum tersedia adalah antara 8 sampai 12 pon per kaki kubik. Enam pound atau kurang dianggap kayu kelas kontes
Balsa Fakta 6: kayu Balsa bukan kayu yang paling ringan di dunia. Ada tiga sampai empat varietas kayu yang beratnya kurang daripada kayu balsa. Namun, setiap kayu yang lebih ringan daripada kayu balsa ini sangat lemah dan benar-benar tidak cocok untuk konstruksi model pesawat.
Balsa Fakta 7: Karena berbagai kepadatan kayu balsa dapat bervariasi begitu banyak, pemodel harus menentukan jenis kayu balsa yang diinginkan. Gunakan kelas paling ringan mungkin untuk bagian dari model Anda yang tidak menanggung berat atau membutuhkan kekuatan, seperti cowls hidung, pengisi dan bentuk ujung sayap. Pilih potongan dari kayu yang lebih berat untuk daerah yang membutuhkan kekuatan seperti spar sayap, pembentuk badan pesawat dan stringer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar